Jumat, 21 Oktober 2011

Sumber Daya Insani

SD Muhammadiyah 7 Antapani Bandung terus mendapat kepercayaan dari masyarakat. Indikator itu dapat dilihat dari animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke SD Muhammadiyah 7 Antapani Bandung semakin banyak.

Kondisi ini menuntut sekolah menyediakan tenaga pendidik yang siap melayani pembelajaran untuk memberikan pelayanan pendidikan yang maksimal. Jumlah guru di SD Muhammadiyah semakin bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah siswa.

Guru mempunyai andil yang cukup besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru sangat berperan penting dalam membantu menggali dan mengarahkan perkembangan peserta didik dalam mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Guru harus mempunyai kemampuan untuk bisa menggali minat, bakat, kemampuan, dan potensi-potensi yang dimiliki oleh peserta didik.

Menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 39 ayat 2 menyatakan: “Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan, dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi”.


Peningkatan Kemampuan Pedagogik

Untuk peningkatan kemampuan pedagogik dan peningkatan pelayanan pembelajaran, SD Muhammadiyah 7 Antapani rutin mengadakan seminar, workshop, lokakarya dan diskusi untuk para guru.

Selain itu cara untuk meningkatkan pemahaman dan kinerja guru, dibentuk team teaching setiap level. Program ini juga dibentuk lewat KKG (Kelompok Kerja Guru) baik antar guru di sekolah atau antar sekolah dalam satu gugus.

Sementara untuk meningkatkan pemahaman pendekatan pembelajaran tematik di kelas 1,2, dan 3 dibentuk team teaching tematik yang beranggotakan 28 orang guru dan satu penanggung jawab. Team teaching tematik secara rutin mengadakan pertemuan menyamakan persepsi dan meningkatkan kemampuan pembelajaran tematik.

1 komentar:

Assalamualaikum Wr. Wb.
Kami dari RSDBI Muhammadiyah 8 dan 10 Banjarmasin berencana mengadakan kegiatan study banding ke SD Muhammadiyah Antapani bandung pad tanggal 22 Maret 2012, mohon informasinya dan nomor contac yang bisa kami hubungi.
Wasalamulaiakum wr. Wb.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More